Proposal Usaha
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dengan semakin
meningkatnya perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan
dengan kebutuhan fashion. Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia, karena
dalam kesaharian manusia tidak akan lepas dari pakaian. Saat ini Melihat dari masyarakat yang saat ini begitu akrab dengan baju sebagai style dalam
kehidupan, khususnya wanita., maka dari itu saya membuka online shop yang menjual pakaian yang up to date dan bias
menyediakan barang sesuai dengan permintaan konsumen yang diminati saat ini. Mengingat
akan kebutuhan masyarakat terhadap pakaian begitu tinggi.
1.2 Visi
Menjadikan bisnis baju menjadi bisnis yang siap untuk
bersaing dipasar lokal dengan produk yang disukai oleh semua kalangan, baik
ibu-ibu maupun kalangan remaja.
1.3 Misi
Memberikan pelayanan yang nyaman dan aman kepada konsumen
Memberikan produk-produk yang berkualitas dan terjangkau
kepada para konsumen
Memberikan kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi
Memberikan kepuasan pelanggan terhadap produk online shop
ini.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Konsep pembelian
Melakukan pembelian dan bertransaksi
secara online diinternet agar mudah memasarkan produknya sampai ke area
yang cukup luas dan sangat praktis, sehingga siapa saja dan dari mana
saja bisa terhubung seperti layaknya bertatap muka
2.2
Produk
Produk yang akan dijual kepada konsumen dalam usaha ini yaitu berupa baju. Desain yang dibuat menjadi unik,
menarik dan eksklusif. Setiap produk akan memiliki batas produksi kali 10.
Desain baju yang ditawarkan mengarah kepada desain diambil dari kreatifitas berdasarkan tuntutan dan
tren pada media sosial.
2.3
Target Penjualan
o
Target Produk
Produk yang dihasilkan sesuai dengan
yang diminati para konsumen saat ini.
o
Target
Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah para
perempuan khususnya perempuan yang bekerja atau para mahasiswi dan pengguna media social.
o Target
Pendapatan
Target pendapatan yang diinginkan per satuan produk
sebesar Rp. 40.000
2.4
Waktu pelaksanaan
o Waktu untuk pelaksanaan
pelayanan kepada konsumen dapat
dilakukan dari hari senin-jumat mulai dari pukul 09.00 - 20.00.
o Waktu untuk pelaksanaan pengiriman barang dilakukan pada
hari Selasa dan Kamis.
2.5 Aspek
Permodalan dan Pemasaran
-
Modal
Dalam proses usaha yang ini membutuhkan
modal awal untuk usaha kurang lebih sekitar RP. 150.000,- . dan dengan modal
ini bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha ini.
-
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan sistem online shop yang berarti penjualan dan
pembelian dilakukan hanya melalui media social seperti facebook, instagram dan website dalam melakukan promosi dan mempromosikan kepada teman ,
keluarga dan orang-orang terdekat..
-
Proses Pengiriman Barang
Proses pengiriman barang dilakukan dengan menggunakan
jasa pengiriman barang seperti JNE dan TIKI
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal usaha pakaian baju ini saya buat,
adapun tujuan proposal ini yaitu untuk menjelaskan tentang produk yang dijual online shop ini. dan mengundang investor untuk bekerja sama membangun usaha pakaian baju ini
sehingga suatu saat nanti bisa membangun sebuah butik pakaian sendiri. Semoga
apa yang termuat dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon
investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini serta dapat menambah lapangan
kerja baru yang bisa mengurangi pengangguran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar